Larangan Yang Harus Anda Ketahui Saat Berwisata ke Korsel

wisata korsel

Buputu – ‘Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’ merupakan pepatah yang sangat penting untuk Anda terapkan saat Berwisata ke Korsel maupun negara lainnya. Khususnya norma-norma hukum yang berlaku di tiap daerahnya. Meski mungkin tidak sampai membuat Anda dideportasi, setidaknya Anda berusaha untuk tidak melakukan 3 hal yang dilarang berikut ini.

wisata korsel

1. Makan Mendahului yang Lebih Tua

Anda berkesempatan untuk mendapat jamuan makan dengan orang Korea dan sudah sangat lapar begitu melihat makanan yang dihidangkan? Sebaiknya Anda bersabar sedikit dan jangan sesekali mendahului makan sebelum para orang tuanya makan. Jika tidak, Anda akan dianggap tidak sopan.

Kemudian, Anda juga harus bersabar lagi saat selesai makan. Jangan pernah meninggalkan tempat duduk Anda. Table manner lainnya yang harus Anda terapkan saat makan di Korea adalah tidak menancapkan sumpit di atas nasi. Hal ini dikarenakan bisa mengingatkan mereka pada dupa dan kuburan saat menghadiri upacara kematian.

2. Berjabat dengan Satu Tangan

Jika Anda bersalaman dengan orang Korea yang lebih tua, usahakan untuk menggunakan kedua tangan. Karena, adat Korea menganggap bahwa hanya menggunakan satu tangan untuk bersalaman tidaklah sopan.

Begitupula saat Anda menerima atau memberikan barang. Sekecil atau seringan apapun benda itu, usahakan untuk menerima dan memberikannya dengan kedua tangan Anda. Jika tangan Anda sibuk karena membawa banyak barang, sebaiknya letakkan dulu barang di tangan Anda di saku, tas, atau lantai.

3. Tidak Memperlihatkan Bahu dan Punggung

Larangan ketiga ini berlaku untuk para ladies. Jika di tanah air, mengenakan tanktop mungkin masih diperbolehkan sah-sah saja. Tapi, di Korea tidak begitu. Perempuan dengan bahu dan punggung terbuka dianggap bukan perempuan baik. Terkecuali rok atau celana pendek, mungkin Anda sering menonton pemeran perempuan mengenakannya.

Hal ini dikarenakan, rok dan celana pendek lebih diterima sebagai tren daripada atasan terbuka. Bagi perempuan yang terbiasa berjilbab (gamis) dan berkerudung, larangan ini tentu sangat mudah untuk dihindari.

Berwisata ke Korsel tentu akan semakin menyenangkan jika orang-orang Korea-nya welcome dan merespon baik tentang usaha Anda untuk menghormati adat mereka. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghindari hal-hal yang dilarang tersebut ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *