Inilah Cara Klaim Asuransi Kendaraan Mobil Lecet

asuransi kendaraan

Bu Putu – Punya asuransi kendaraan MSIG memang menguntungkan. Apalagi kalau ingin berkendara tanpa cemas, memiliki asuransi kendaraan seperti sudah menjadi keharusan. Tak perlu cemas mobil bakal lecet karena terserempet di parkiran, atau penyok karena tidak sengaja ditabrak.

Ada banyak yang hal yang bisa terjadi ketika Anda mengendarai mobil di jalanan. Mulai dari terserempet sampai mengalami kecelakaan. Semua orang tentunya tidak ingin mengalami hal buruk tersebut. Tapi setiap orang di jalan memiliki risiko yang sama buruknya.

Mengingat biaya perbaikan kendaraan tidaklah sedikit, asuransi kendaraan bermotor hadir untuk menjawab kebutuhan akan hal tersebut. Bukan kesehatan dan jiwa Anda saja yang bisa diberikan perlindungan. Barang berharga kesayangan yang didapat dari hasil nabung bertahun-tahun juga perlu diberi perlindungan. Jadi, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda tidak perlu bingung soal biaya perbaikan.

Nah, bagaimana jika Anda mengalami kecelakaan saat berkendara dengan mobil? Kalau Anda sudah memiliki asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan, Anda seharusnya tidak perlu cemas. Anda hanya perlu mengajukan klaim atas risiko yang terjadi pada Anda.

Bagi Anda yang mengalami kecelakaan dan kendaraan Anda rusak atau lecet karena kecelakaan tersebut, lakukan langkah berikut untuk mengajukan klaim :

asuransi kendaraan

1. Hubungi Hotline klaim perusahaan asuransi

Begitu terjadi kecelakaaan, yang Anda lakukan pertama adalah menghubungi perusahaan asuransi untuk mengabarkan bahwa Anda telah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan mobil Anda lecet atau rusak. Pihak asuransi akan memberikan beberapa instruksi. Anda sebaiknya mengikuti instruksi tersebut demi kemudahan dalam proses klaim nantinya.

2. Ceritakan kronologi secara jelas

Pihak asuransi akan meminta Anda menceritakan kronologi terjadinya kecelakaan hingga mengakibatkan mobil Anda lecet atau rusak. Ceritakan kronologis kejadian secara urut dan rinci. Anda juga sebaiknya tidak melebih-lebihkan cerita. Sampaikan semuanya dengan jujur dan apa adanya.

3. Dokumentasikan kerusakan yang dialami

Jangan lupa dokumentasikan kerusakaan yang dialami oleh kendaraan Anda. pihak asuransi mungkin akan meminta Anda untuk membawa kendaraan ke bengkel. Sebelum itu, Anda sebaiknya mendokumentasikan kerusakan yang ada. Karena nantinya, dokumentasi ini dibutuhkan untuk proses klaim asuransi kendaraan yang Anda miliki.

4. Bawa kendaraan ke bengkel

Apabila kendaraan mengalami kerusakan dan memerlukan perbaikan, segera bawa mobil Anda ke bengkel. Untuk polis kendaraan bermotor komprehensif, Anda bisa mengisi notifikasi klaim di bengkel tujuan.

5. Mengisi notifikasi klaim

Lengkapi notifikasi klaim jika Anda sudah mendapatkannya. Isi dengan lengkap form yang diberikan. Setelah lengkap dan diberi tAndatangan, siapkan pula dokumen lain yang dipersyaratkan.

6. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan

Jangan lupa siapkan dokumen lain yang dibutuhkan. Setidaknya, Anda membutuhkan dokumen-dokumen berikut ini :

  1. Salinan polis asuransi
  2. Formulir notifikasi klaim
  3. Salinan STNK
  4. Salinan SIM
  5. Foto-foto kerusakan mobil
  6. Dan dokumen lainnya, jika diperlukan

Demikian cara klaim asuransi kendaraan jika mobil Anda mengalami kecelakaan dan ada bagian yang lecet atau rusak. Inilah untungnya jika Anda beli asuransi mobil. Anda tidak perlu lagi khawatir soal biaya yang harus ditanggung jika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Anda hanya perlu mengajukan klaim dan semuanya akan diproses oleh pihak perusahaan asuransi.

Setelah menceritakan kronologi dan mengajukan klaim beserta dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan, Anda tinggal menunggu kabar dari klaim yang Anda ajukan. Apakah perusahaan asuransi menyetujui klaim Anda atau tidak? Keputusan ini sepenuhnya menjadi hak pihak asuransi disesuaikan dengan risiko yang ditanggung oleh polis yang Anda pegang. Kalau sudah sesuai, Anda tidak perlu cemas, karena klaim Anda kemungkinan besar akan diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *