Dua Dosen dan Rektor IPB Raih Penghargaan Academic Leader 2019

dosen ipb

Buputu – Lagi-lagi, kiprah dosen IPB memberikan bukti bahwa para staff pengajar IPB adalah mereka yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam berbagai bidang. Hal ini ditunjukkan oleh keberhasilan rektor dan dua dosen IPB yang mendapatkan penghargaan Academic Leader di tahun 2019 ini.

Dalam malam anugerah gelar yang dilaksanakan, rektor IPB University, Dr Arif Satria berhasil mendapatkan penghargaan Academic Leader 2019 untuk kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai pemimpin dalam perguruan tinggi. Ia berhasil menjadi peringkat dua teratas dan mengalahkan banyak dosen dari universitas lain.

Penghargaan yang diterima oleh Dr Arif Satria adalah salah satu bukti nyata atas dedikasi yang ia berikan selama ini untuk IPB. Penghargaan ini juga menjadi salah satu pengakuan bahwa apa yang ia lakukan adalah sebuah langkah yang tepat dalam rangka memajukan pendidikan di tanah air.

Anugerah Academic Leader ini diterima oleh Dr Arif Satria secara langsung di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta beberapa waktu yang lalu. Penghargaan yang diterima oleh rektor IPB ini menambah catatan panjang penghargaan yang bergengsi yang mengharumkan nama IPB.

dosen ipb

Diikuti Oleh Dosen Lainnya

Selain Dr Arif Satria, ada dua dosen IPB lainnya yang mendapatkan gelar pada acara Academic Leader Award 2019 ini. Prof Dr Slamet Budijanto, MAgr, sebagai salah satu staff pengajar di IPB mendapatkan juara pertama dalam kategori dosen di bidang teknologi.

Dosen yang menduduki wakil dekan di bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Teknologi Pertanian, IPB University ini berhasil menjadi juara satu untuk inovasi pengembangan vehicle diversifikasi pangan dengan sumber pangan lokal guna penguatan kedaulatan pangan. Ini adalah bentuk penghargaan yang sangat istimewa.

Prof Dr Slamet Budijanto, Magr di sela penghargaan mengatakan bahwa apa yang ia terima adalah suatu kebanggaan. Ia juga mengatakan bahwa gelar ini adalah suatu penghargaan dan apresiasi untuk mereka yang melakukan penelitian secara istikamah.

Nama dosen IPB University lainnya yang mendapatkan gelar dalam Academic Leader 2019 adalah Dr Illah Sailah. Beliau adalah salah satu dosen terkenal di IPB dan dipahami sebagai salah satu dosen terbaik dengan kemampuannya yang di atas rata-rata.

Dalam malam anugerah Academic Leader Award tersebut, Dr Illah Sailah berhasil mendapatkan juara kedua Academic Leader Award untuk kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Ini adalah salah satu gelar yang sangat penting dan membanggakan bagi dosen IPB tersebut.

Sebagai Bentuk Apresiasi

Gelaran Academic Leader adalah suatu acara penganugerahan gelar untuk dosen dan staff pengajar yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Gelaran ini dipersembahkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia sebagai salah satu bentuk apresiasi.

Para dosen yang sudah bekerja keras melakukan terobosan dalam dunia pendidikan dan inovasi dalam kemasyarakatan sudah patut mendapatkan penghargaan atas jasanya. Di kesempatan yang lain, penghargaan ini akan selalu dilakukan untuk menjaga semangat para dosen untuk terus berkarya.

Sebagaimana diketahui, dosen bisa dikatakan sebagai tulang punggung dalam dunia pendidikan di Indonesia. Mereka memiliki tugas yang sangat mulia untuk mencetak generasi intelektual yang ada di Indonesia.

Banyak pihak menganggap bahwa peran dosen memang harus lebih lebar dan luas. Di era industri maju ini, tantangan bagi seorang dosen bukan hanya menyampaikan, tetapi juga harus bisa mentransformasikan pengetahuan yang ia miliki untuk memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *